Cara Install JDK dan menyettingnya di Windows

AzrevDreams - Hai guys.. sekarang saya akan membuat tutorial bagaimana caranya menginstal JDK (Java Development Kit), apa itu JDK?? JDK pada dasarnya berfungsi untuk mengcompile sekumpulan kode java menjadi aplikasi java. Selain JDK (Java Development Kit) anda juga akan menemukan kata JRE (Java Runtime Environtment) yaitu komponen utama yang bertugas untuk menjalankan aplikasi berbasis Java, aplikasi java bisa berjalan di perangkat computer/laptop tersebut apabila sudah terinstal JRE. Kedua komponen (JDK dan JRE) utama penyusun dalam pembuatan aplikasi java ini bisa anda download secara gratis di situs resmi nya yaitu Oracle.

Jadi kedua komponen tersebut mempunyai hubungan erat layaknya suami dan istri dalam pengembangan aplikasi berbasis Java. Kalau tidak ada JDK kode-kode java tidak bisa di kompilasi menjadi aplikasi java dan tanpa adanya JRE aplikasi yang sudah ada tidak bisa di jalankan. Oleh karena itu keduanya tidak dapat dipisahkan dalam hal pengembangan aplikasi berbasis java.

Oke sudah cukup jelaskan pengertian dari JDK dan JRE sekarang kita akan masuk step by step cara meninstall JDK di Windows :

  1. Pertama ketik “JDK” pada mesin pencari google, nanti akan muncul halaman resmi Oracle nah saya sarankan anda menginstall JDK 8 kalau pun anda ingin menginstall JDK yang versi terbaru silahkan saja. Klik Java SE Development Kit 8.
  2. Setelah itu kllik “Accept License Agreement”, kemudian pilih platform windows sesuaikan dengan arsitektur kalian (x86 atau x64).
  3. Setelah proses download selesai selanjutnya install JDK-nya dengan cara klik kanan dan Run As Administrator.
  4. Kemudian akan muncul kotak dialog instalasinya klik Next saja.
  5. Disini anda diarahkan untuk menaruh folder instalasi jdk-nya biarkan saja seperti itu kemudian klik Next.
  6. Maka proses instalasi akan berjalan.
  7. Setelah menginstall JDK selanjutnya anda diarahkan untuk mengsintall JRE klik Next saja, dan proses instalasi akan berjalan.

  8. Setelah selesai menginstall maka akan muncul seperti ini klik Close. Dan sekarang JDK dan JRE sudah terinstall di computer atau laptop anda.


Kemudian langkah selanjutnya adalah mensetting PATH dari JDK agar nanti ketika membuat aplikasi java berjalan dengan lancar. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Masuk ke folder instalasi jdk-nya yaitu di folder C:\Program Files\Java\jdk(versi kamu)\bin dan copy.
  2. Setelah itu masuk ke Control Panel > System And Security > System dan klik Advanced system settings.
  3. Dan akan muncul kotak dialog System Properties pilih Environment Variables.
  4. Selanjutnya di System variables cari Variable Path kemudian klik Edit.
  5. Akan muncul kotak dialog kemudian klik New dan paste kan alamat jdk tadi terus klik Ok dan Ok.
  6. Selamat sekarang anda sudah berhasil mensetting PATH jdk-nya.


Intermezo :
  1. JVM (Java Virtual Machine) adalah seperti jantung dari Java Platform. JVM ini merupakan pihak yang bertanggung jawab untuk mengeksekusi program Java menjadi bahasa mesin untuk diproses oleh prosesor. JVM mampu menerjemahkan code-code Java ke hampir semua platform. JVM ini-lah yang membuat Java “write once, run everywhere” alias multi-platform.
  2. JDK (Java Development Environment) adalah semacam kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK ini berguna saat Anda menulis code program. Seperti halnya JRE, JDK juga memiliki JVM di dalamnya.
  3. JRE (Java Runtime Environment) adalah sesuatu yang memungkinkan sebuah program Java dapat berjalan di mesin Anda. JRE ini mengeksekusi binary-binary dari class-class dan mengirimnya ke JVM untuk diproses lagi ke prosesor. Setiap JRE pasti memiliki sebuah JVM di dalamnya untuk melakukan pemrosesan selanjutnya.
  4. SDK (Software Development Kit) adalah kumpulan dari tools yang dibutuhkan untuk membuat serta menjalankan program. Jadi di dalam SDK itu ada JDK-nya, ada JRE-nya serta mungkin IDE-nya juga.



Cukup Segitu Saja Gaaess Artikel Dari Mimin Yang Berjudul Cara Install JDK dan menyettingnya di Windows Ini

Terimakasih sudah membaca artikel Cara Install JDK dan menyettingnya di Windows ini, jangan lupa gaaeess kunjungi terus azrevdreams.blogspot.com untuk mendapatkan update artikel atau film terbaru, cukup sekian pada kesempatan ini sampai jumpa di postingan artikel mimin lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Install JDK dan menyettingnya di Windows dengan alamat link https://filmindonesiaterbaru07.blogspot.com/2017/12/cara-install-jdk-dan-menyettingnya-di.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »