Cara Install Android Studio 3.0 terbaru di Windows

AzrevDreams - Hallo guys… apa kabar?? semoga sehat – sehat yaa.., oh ya kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menginstal Android Studio. Apa itu Android Studio?? Menurut situs resminya Android Studio merupakan lingkungan pengembangan terpadu – Integrated Development Environment (IDE) untuk mengembangan aplikasi Android, jadi kesimpulannya Android Studio merupakan alat atau software untuk membuat aplikasi Android seperti yang ada di Smartphone kalian. Sebenarnya banyak software untuk membuat aplikasi Android seperti Xamarin, Apache Cordova, Ionic Framework, React Native, App Inventor, dan Eclipse tapi disini saya ingin membahas membuat aplikasi Android dengan Android Studio.

Untuk menginstal Android Studio jika anda menggunakan Windows minimal RAM 3 GB, disarankan untuk memakai RAM 8 GB. Dan untuk bisa menjalankan emulator dari Android Studio harus menggunakan prosesor Intel.

Sebelum anda menginstal Android Studio anda harus menginstal JDK (Java Development Kit) terlebih dahulu klik disini, fungsi dari JDK adalah untuk mengcompile sekumpulan kode java karena di Android Studio menggunakan bahasa java sebagai bahasa logic-nya, dan bahasa xml sebagai UI(Use Interface) atau tampilannya.

Setelah anda menginstal JDK baru anda bisa menginstal Android Studio berikut langkah- langkahnya :

  1. Cari di mesin pencari google lalu ketikan Android Studio maka akan muncul website resminya, klik websitenya.
  2. Dan unduh Android Studionya disini saya mengunduh Android Studio versi 3.0, jika anda memliki tipe OS (Operasi Sistem) Windows (x86 atau x64), Mac, atau Linux maka scroll kebawah pilih sesuai tipe OS kalian.

  3. Akan muncul popup window seperti ini kemudia ceklis seperti yang ada tanda merahnya, dan klik unduh.
  4. Jika anda ingin belajar lebih lanjut silahkan anda ikuti kursus membuat aplikasi Android dari Udacity, disana sudah tersedia tutorial step by step dari beginner sampai pro dan tersedia juga video tutorialnya dengan bahasa yang mudah dipahami.
  5. Setelah anda sudah mendownload Android Studionya sekarang klik kanan dan run as administrator.
  6. Akan muncul instalasi Android Studionya kemudian tinggal klik Next dan Next.

  7. Disini anda diarahkan untuk menyimpan folder instalasinya, kemudian Next.
  8. Kemudian klik Install.
  9. Proses instalasi sedang berjalan.
  10. Proses instalasi selesai, klik Next.
  11. Kemudian klik Finish untuk menjalankan Android Studionya.
  12. Akan muncul kotak dialog seperti ini, klik “Do not import settings” dan klik Ok.
  13. Pastikan anda terhubung ke Internet dan mempunyai banyak kuota saya sarankan anda menginstal Android Studio di wifi corner karena itu akan membantu anda untuk keperluan mendownload komponen Android Studio.



  14. Kemudian klik Next aja.
  15. Disini anda disuruh untuk memilih tipe instalasi Android Studio pilih saja yang “Standard” dan klik Next dan Next.

  16. Nah seperti yang tadi saya bilang anda disuruh mendownload komponen Android Studio klik saja finish kemudian AS akan mendownload komponennya mungkin disini membutuhkan waktu lama tergantung dengan koneksi internet anda.

  17. Berikut proses download komponen yang sudah selesai, dan klik Finish
  18. Dan Android Studio pun sudah terinstal.


Intermezo :
  1. Xamarin adalah sebuah software development, tools ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile berbasis Android, iOS dan Windows Phone. Dibuat oleh perusahaan software yang terletak di San Francisco, California dan berdiri semenjak Mei 2011. Xamarin sendiri memiliki dua IDE yang terdiri dari Xamarin terintegrasi Microsoft Visual Studio dan Xamarin Studio.
  2. Apache Cordova adalah platform untuk membuat aplikasi mobile menggunakan HTML, CSS dan JavaScript. Didukung antara lain Android, iOS, Windows Phone dan Blackberry.
  3. Ionic Framework adalah sebuah framewok aplikasi mobile berbasis HTML5 yang digunakan untuk mengembangkan apikasi mobile dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan Javascript.
  4. React Native adalah salah satu framework javascript yang kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile.
  5. App Inventor adalah aplikasi yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).
  6. Eclipse adalah Integrated Development Environment (IDE). Fungsi Eclipse utamanya adalah untuk mengembangkan aplikasi Java, tetapi juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam bahasa pemrograman lain melalui penggunaan plugin, termasuk: Ada, ABAP, C, C ++, COBOL, Fortran, Haskell , JavaScript, Lasso, Lua, ALAMI, Perl, PHP, Prolog, Python, R, Ruby, Scala, Clojure, Groovy, Skema, dan Erlang.





Cukup Segitu Saja Gaaess Artikel Dari Mimin Yang Berjudul Cara Install Android Studio 3.0 terbaru di Windows Ini

Terimakasih sudah membaca artikel Cara Install Android Studio 3.0 terbaru di Windows ini, jangan lupa gaaeess kunjungi terus azrevdreams.blogspot.com untuk mendapatkan update artikel atau film terbaru, cukup sekian pada kesempatan ini sampai jumpa di postingan artikel mimin lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Install Android Studio 3.0 terbaru di Windows dengan alamat link https://filmindonesiaterbaru07.blogspot.com/2017/12/cara-install-android-studio-30-terbaru.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »