LAPORAN PRAKTEK MOTOR OTOMOTIF OVERHOUL INJEKTOR

AzrevDreams - Haloo guys ..... kali ini saya akan memebagikan laporan praktek teknik otomotif khususnya teknik kendaraan ringan, laporan ini dibuat agar siswa - siswi memhami teori yang sudah diajarkan oleh guru otomotif.

Langsung saja ini dia laporan praktek dengan judul "Overhaul Injekctor".




LAPORAN PRAKTEK M.O


Nama :
Kelas :
Tanggal :
Judul : Overhoul Injektor



I. Tujuan
  1. Dapat Mengenal nama-nama komponen injektor
  2. Siswa - siswi dapat melepas dan memasang injektor
  3. Dapat membongkar komponen - komponen injektor 
  4. Mengerti fungsi injektor dan macam - macam injektor
II. Alat dan Bahan
  1. Sebuah unit motor diesel/sebuah injektor
  2. Sebuah LKP (Lembar Kertas Pertanyaan)
  3. Papan kertas dan pulpen
  4. Sebuah peralatan kunci untuk melepas dan memasang injektor (sebuah toolbox)
III. Keselamatan Kerja
  1. Gunakan wearpack ketika praktek
  2. Jangan bercanda pada saat praktek
  3. Ikuti instruksi guru pada saat praktek
  4. Sebaiknya berdo'a sebelum praktek dimulai
IV. Dasar Teori

Injektor berfungsi untuk mengkabutkan bahan bakar ke dalam ruang, injektor memiliki 2 type yaitu :
  1. Type Threaded Injector(TTI)
  2. Type Flanged Injector(TFI)

A. Cara Kerja Injector


1. Sebelum penginjeksian

Bahan bakar yang bertekanan tinggi mengalir dari pompa injeksi melalui oil passage menuju oil pool pada bagian bawah nozzle body.



2. Penginjeksian bahan bakar

Apabila tekanan pada oil pool naik , ini akan menekan permukaan nozzle needle dan apabila tekanan ini melebihi tegangan pegas, maka nozzle needle terdorong keatas dan menyebabkan nozzle menyemprotkan bahan bakar.



3. Akhir Penginjeksian 

Apabila pompa injeksi berhenti mengalirkan bahan bakar, tekanan bahan bakar turun dan pressure spring mengembalikan nozzle needle ke posisi semula(menutup saluran bahan bakar)
sebagian bahan bakar yang tersisa antara nozzle needle dan nozzle body akan melumasi semua komponen dan kembali ke over flow pipe.


Adapun macam - macam injektor dengan sifat pengabutan dan karakteristik yang berbeda yaitu :
  1. Injektor berlubang satu (Single Hole) proses pengabutan sangat baik akan tetapi memerlukan tekanan injektor pump yang tinggi, sedangkan dengan Multi Hole pengabutan sangat baik. Injektor ini sangat tepat digunakan pada direct injection(Injeksi Langsung).
  2. Injeksi dengan model Pin, injeksi dengan lodel pin ini model trotle maupun model pintle lebih tepat diguanakan pda motor diesel dengan ruang bakar yang memiliki combustion chamber, kamara muka maupun kamar pusar(turbulen) dan tipe lanova.

B. Melepas dan Memasang Injector
  • Pelepasan injektor dari mesin diesel
  1. Bersihkan injektor - injector dari sekeliling kotoran yang menempel
  2. Semprot dengan udara
  3. Lepaskan sambungan pipa-pipa injeksi
  4. Lepaskan pipa pengembali
  5. Lepaskan injektor
  • Pembongkaran dan Penyetelan Injektor
*Bongkar sesuai urutan
  1. Baut pemegang
  2. Shim
  3. Pegas
  4. Batang Pendorong
  5. Pembatas jarum
  6. Jarum dan body nozzle
  7. Mur pemegang
*bersihkan semua komponen dengan solar periksa luncuran jarum, dengan memasukan jarum pada body'a.(jarum harus meluncur pelan-pelan dengan sendirinya).
*stel tekanan penyemprotan  dengan cara merubah tebal shim. Perbedaan tebal 0,04 mm
merubah tekanan penyemprotan = 4 bar
  • Perakitan Injektor
  1. Rakitlah injektor setelah semua komponen terendah dalam solar untuk mencegah karatan. Perhatikan kebersihan ..!! jangan sampai benang kaian atau kotoran berada di dalam injketor.
  2. Periksa kembali bentuk penyemprotan, tekanan penyemprotan dan kebocoran nozzle.
  • Pemasangn kembali injektor ke mesin
  1. Bersihkan lubang injektor pada motor, beri oli pada ulirnya, perhatikan arah pemasangan cincin.
  2. Kencangkan injektor.
  3. Bersihkan sambungan  pipa penyemprotat.
  4. Keringkan sambungan pipa penyemprot dengan angin.
# Gambar bentuk penyemprotan yang baik.


A,B,C = Bentuk semprotan yang tidak baik.
D = Bentuk semprotan yang baik.

#Kebutuhan untuk menyetel tekanan injeksi tekanan injektir yang tidak tepat akan mengganggu saat injeksi dan volume injeksi.



V. Kesimpulan

Injektor merupakan bagian terpenting karena dapat berakibat pada performa kendaraan juga, injektor haru bias menembus tekanan hampa yang ada di dalam ruang bakar,apabila injektor tidak dapat menembusnya maka bahan bakar yang di semprotkan akan sekedar menetes tidak berbentuk kabut, sehingga pembakaran pun tidak sempurna.


              Instruktur                                                                                          Penyusun 


        (nama Instruktur)                                                                            (nama siswa/siswi)




Cukup Segitu Saja Gaaess Artikel Dari Mimin Yang Berjudul LAPORAN PRAKTEK MOTOR OTOMOTIF OVERHOUL INJEKTOR Ini

Terimakasih sudah membaca artikel LAPORAN PRAKTEK MOTOR OTOMOTIF OVERHOUL INJEKTOR ini, jangan lupa gaaeess kunjungi terus azrevdreams.blogspot.com untuk mendapatkan update artikel atau film terbaru, cukup sekian pada kesempatan ini sampai jumpa di postingan artikel mimin lainnya.

Anda sekarang membaca artikel LAPORAN PRAKTEK MOTOR OTOMOTIF OVERHOUL INJEKTOR dengan alamat link https://filmindonesiaterbaru07.blogspot.com/2017/03/laporan-praktek-motor-otomotif-overhoul.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »