LAPORAN PRAKTEK LISTRIK OTOMOTIF MERANGKAI DAN MEMERIKSA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL

AzrevDreams - AzrevDreams - Haloo guys ..... kali ini saya akan memebagikan laporan praktek teknik otomotif khususnya teknik kendaraan ringan, laporan ini dibuat agar siswa - siswi memahami teori yang sudah diajarkan oleh guru otomotif.

Laporan praktek merupakan tugas yang diberikan oleh guru-guru otomotif guna menambah nilai pelajaran yang di ajarkan. Pada kali ini saya akan membagikan Laporan Praktek Otomotif yang berjudul "Merangkai dan Memeriksa Sistem Pengisian Konvensional".



LAPORAN PRAKTEK L.O

Nama : 
Kelas :
Tanggal :
Judul : Merangkai dan Memeriksa Sistem Pengisian Konvensional


I. Tujuan Praktek

  1. Siswa dapat merangkai sistem pengisian konvensional.
  2. Siswa dapat melakukan pemeriksaan output alternator.
  3. Siswa dapat melakukan pemeriksaan kemagnetan pada rotor coil.
  4. Siswa dapat melakukan pemeriksaan circuit lampu kontrol pengisian baterai.
II. Alat dan Bahan
  1. Multitester
  2. Kabel
  3. Baterai
  4. Trainer sistem pengisian konvensional
III. Keselamatan kerja
  1. Siswa dan siswi di wajibkan memakai wearpack.
  2. Saat praktek siswa/siswi dilarang bercanda.
  3. Untuk keselamatan siswa/siswi tidak boleh berkuku panjang dan berambut panjang.
  4. Kerjakan pekerjaan dengan mengikuti petunjuk yang telah diberikan.
IV. Dasar Teori

Merangkai sistem pengisian konvensional.

V. Petunjuk Langkah Kerja

Rangkailah sistem pengisian konvensional pada trainer sesuai gambar dibawah ini!



IV. Pembahasan
  • Pemeriksaan circuit lampu kontrol pengisian batterai 
  1. Kunci kontak "ON"
  2. Start mesin, hidupkan beberapa saat dan naikan mesin.
  3. Bila kunci kontak "ON" lampu kontrol akan menyala.
  4. Setelah mesin hidup lampu akan mati.
  5. Bila lampu kontrol tidak bekerja dengan baik periksa sirkuit pengisian.
Hasil Pemriksaan : 
NB : Di sini merupakan hasil yang telah diperiksa dari masing-masing circuit kamu.

Lampu kontrol menyala pada saat di"ON" dan pengisian menghasilkan medan magnet dan pada saat pengisian berjalan lampu mati.
  • Pemriksaan Kemagnetan pada Rotor Coil.
Hasil Pemriksaan : 

NB : Di sini merupakan hasil yang telah diperiksa dari masing-masing rotro coil kamu.

Rotor Coil menghasilkan medan magnet pada saat lampu kontrol hidup/kunci kontak pada posisi "ON".
  • Pemeriksaan Output Alternator
Dengan menggunakan multitester, clem positif ke terminal B alternator dan clem negatif ke masa(selector di DCV 50). Tegangan kerja voltage regulator = 13,8 - 14,8 V

Hasil Pemriksaan : 

NB : Di sini merupakan hasil yang telah diperiksa dari masing-masing output alternatorkamu.

Pemriksaan output alternator tegangan kerja voltage regulator 10 V.

IV. Kesimpulan

Setelah saya mengikuti praktek dengan teman-teman saya sangat senang, karena saya mendapatkan ilmu baru dari sistem pengisian konvensional dan juga saya bisa merangkainya. Dengan praktek yang saya ikuti saya dengan teman-teman dapat bekerja sama untuk pemeriksaan sistem pengisian konvensional.






                Siswa                                             Orang Tua                                   Guru Pembimbing


     (nama siswa/siswi)                             (nama orang tua)                          (nama guru pembimbing)


Cukup Segitu Saja Gaaess Artikel Dari Mimin Yang Berjudul LAPORAN PRAKTEK LISTRIK OTOMOTIF MERANGKAI DAN MEMERIKSA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL Ini

Terimakasih sudah membaca artikel LAPORAN PRAKTEK LISTRIK OTOMOTIF MERANGKAI DAN MEMERIKSA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL ini, jangan lupa gaaeess kunjungi terus azrevdreams.blogspot.com untuk mendapatkan update artikel atau film terbaru, cukup sekian pada kesempatan ini sampai jumpa di postingan artikel mimin lainnya.

Anda sekarang membaca artikel LAPORAN PRAKTEK LISTRIK OTOMOTIF MERANGKAI DAN MEMERIKSA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL dengan alamat link https://filmindonesiaterbaru07.blogspot.com/2017/03/laporan-praktek-listrik-otomotif.html

Baca juga


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »